Doraemon Wiki
Advertisement
Artikel ini mengenai karakter itu sendiri.
Untuk manga, lihat Doraemon (manga).
Untuk lagu, lihat Doraemon (lagu 2018) atau Doraemon (lagu seri anime 1973)
Untuk anime, lihat Doraemon (seri anime 1973), Doraemon (seri anime 1979) atau Doraemon (seri anime 2005).
Untuk penggunaan lainnya, pergi ke Doraemon (disambiguasi).
Doraemon Logo.pngArtikel ini adalah tentang karakter dalam Seri Doraemon.

Doraemon
ドラえもん Doraemon
Doraemon 2005.jpg
Informasi Karakter
Status: Hidup
Spesies: Robot kucing
Jenis kelamin: Jantan
Umur: 10 (dia menyebutkan kepada Nobita bahwa "sudah 10 tahun sejak aku lahir, aku belum kembali ke pabrik" dalam Kapsul Waktu 100 Tahun Doraemon)
Kebangsaan: Jepang
Habitat: Tokyo (abad ke-22) (dulu)
Tokyo (abad ke-21 di seri anime 2005)/(abad ke-20 di seri anime 1979) (sekarang)
Ciri-Ciri
Bakat: Makan sebundel dorayaki
Keistimewaaan: Makan segunung dorayaki
Kepribadian: Cerdas, Tolol (kadang-kadang), Berhati baik, Suka menolong, Ramah, keras kepala, ketika panik dia mengeluarkan banyak alat yang tidak berguna
Hal yang disukai: Kucing, makan dorayaki, membaca komik, menonton TV
Hal yang dibenci: Tikus, alatnya disalahgunakan (terutama Nobita)
Hal yang ditakuti: Tikus
Makanan favorit: Dorayaki, kue mochi
Warna favorit: Biru
Karakteristik Fisik
Tinggi: 129.3 cm (4 kaki 3 inci)
Berat: 129.3 kg (285 pon)
Warna kulit: Biru dan putih (kuning dan putih sebelum kehilangan telinganya)
Warna mata: Hitam
Hijau (Stand by Me Doraemon)
Hubungan
Orang tua: Nobisuke Nobi (ayah angkat)
Tamako Nobi (ibu angkat)
Saudara: Dorami (adik perempuan)
Pemilik: Sewashi
Teman: Nobita, Shizuka, Suneo, Gian, Dekisugi, The Doraemons, dll
Informasi Latar Belakang
Penampilan pertama: Manga: Datang dari Negeri Masa Depan
Seiyū Jepang: Kōsei Tomita (seri anime 1973 episode 1-13)
Masako Nozawa (seri anime 1973 episode 14-26)
Nobuyo Ōyama (1979~Maret 2005)
Wasabi Mizuta (April 2005~sekarang)
Chisa Yokoyama (Muda)
Pengisi suara Indonesia: Nurhasanah Iskandar (sampai 2018)
Dana Robbyansyah (sejak Februari 2018)

#MS-903 "Doraemon" atau singkatnya Doraemon adalah karakter utama dari semua media Doraemon (termasuk manga, anime [1973, 1979, dan 2005], video game, dan film). Warna tangan tangan Doraemon adalah biru dan biasanya diwakili warna biru.

Penampilan

Penampilan Doraemon hampir tetap sama di setiap adaptasi manga dan anime dengan desain dan tampilan pengecualian. Doraemon selalu muncul sebagai robot kucing biru yang juga dikenal sebagai rakun biru dan berikut adalah beberapa perubahan dalam penampilannya:

Seri anime 2005

Dalam seri anime 2005, dia didesain ulang dan dia lebih manis dari versi sebelumnya.

Seri anime 1979

Di seri anime 1979, selama episode awal, dia memiliki tinggi yang lebih pendek. Ia memiliki kesamaan antara seri anime 1973. Dalam musim selanjutnya, Doraemon diubah sekali lagi. Dia memiliki tinggi yang lebih pendek.

Seri anime 1973

Dalam anime 1973, Doraemon memiliki tinggi yang lebih panjang dan dia kurang gemuk daripada adaptasi selanjutnya.

Stand by Me Doraemon

Dia memiliki kesamaan dengan seri anime 2005.

Kepribadian dan Karakteristik

Bagaimana Doraemon bekerja

Doraemon adalah kucing robot biru yang berasal dari abad 22, yang beratnya 129,3 kg (285,05 lbs) dan ukurannya 129,3 cm (4 kaki 3 inchi). Dia diproduksi pada tanggal 14 Juli tahun 2112, dengan kode MS-903, di Pabrik Robot Matsushiba, Doraemon dianggap sebagai produk gagal dibandingkan dengan model lain karena banyak fitur robotnya tidak berfungsi setelah produksi. Selama pembuatannya, ia disambar petir dan kehilangan sekrup penting yang merupakan bagian dari otaknya, sehingga memengaruhi kinerjanya baik di studinya maupun di masyarakat.

Makanan favoritnya adalah Dorayaki. Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Warnanya berubah setelah telinganya digigit robot tikus. Ini menyebabkan dia takut pada tikus dan depresi di atas menara, di mana dia minum ramuan berlabel "kesedihan", yang menambah depresinya, ketika dia menangis, cat kuningnya hilang, dan suaranya semakin dalam. Peristiwa-peristiwa inilah yang menyebabkan Doraemon mengembangkan musofobia, meskipun faktanya dia adalah robot kucing. Doraemon juga memiliki Kantong Empat Dimensi di tubuhnya yang darinya ia dapat memperoleh berbagai peralatan canggih dan berbagai hal yang berwarna, mengagumkan, dan futuristik yang berwarna-warni, sebagian besar yang ia peroleh dalam setiap cerita adalah untuk membantu Nobita. Dia memiliki kecenderungan untuk panik selama keadaan darurat, ditandai olehnya dengan panik mencoba mengeluarkan alat yang sangat dibutuhkan dari kantongnya, hanya untuk menghasilkan berbagai macam barang rumah tangga yang tidak terkait, yang kadang-kadang bisa sangat menjengkelkan. Dia menjadi mudah marah, jika, mereka memanggilnya rakun/musang. Doraemon suka makan dorayaki, sampai air mengalir dari mulutnya jika memikirkannya. Sangat sulit bagi Doraemon untuk tidak makan sehari tanpa dorayaki, terutama karena kecanduannya pada mereka. Tiga hari tanpa apapun akan membuatnya putus asa dan melakukan apa saja untuk mendapat kesempatan. Doraemon selalu diakali oleh Nobita karena hal ini.

Dalam alur cerita, Doraemon dikirim dari abad ke-22 ke abad ke-21 (seri anime 2005)/abad ke-20 (seri anime 1979 dan 1979) untuk membantu Nobita, siswa kelas empat SD yang sangat tidak beruntung yang tinggal di Tokyo, oleh cucunya cucu Nobita, Sewashi. Dia mengirim Doraemon ke masa sekarang untuk membantu kakek buyutnya sehingga membantu memperbaiki keadaan Nobita sehingga keturunannya, dapat menikmati masa depan yang lebih baik. Ketika Doraemon sedang "tidak bertugas", saudara perempuannya Dorami kadang-kadang kembali ke masa dari tahun 2112 hingga saat ini untuk mengunjungi Nobita. Dorami bertengkar dengan Doraemon ketika dia menolak untuk pergi ke masa depan untuk pemeriksaannya. Ini diperlukan oleh semua robot di masa depan untuk memastikan mereka sehat. Doraemon menolak untuk pergi karena dia sangat khawatir dengan Nobita ketika dia pergi.

Setiap kali Doraemon melihat kucing yang dia cintai, dia akan kehilangan nafsu makan, bahkan untuk dorayaki. Dia juga akan memerah dan menjadi malu-malu. Doraemon juga membiarkan mereka pergi, jika dia pikir itu yang terbaik untuk mereka.

Doraemon terkenal di komunitas kucing tetangga. Dia mengadakan banyak pesta, membantu orang lain yang ditindas dan menghentikan kucing berdebat. Doraemon selalu siap membantu orang lain, manusia atau hewan.

Asal Nama

Nama "Doraemon" dapat diterjemahkan menjadi "liar". Hebatnya, nama "Doraemon" (ド ラ え も ん) ditulis menggunakan dua cara penulisan Jepang: Katakana (ド ラ) dan Hiragana (え も ん). "Dora" berasal dari "dora neko" (kurang ajar atau kucing liar, ど ら 猫), dan merupakan plesetan dari nora (liar). "Emon" 衛 門, 右衛門 adalah komponen dari nama yang diberikan laki-laki seperti Goemon, meskipun tidak lagi sepopuler seperti di masa lalu. "Dora" tidak berasal dari dora 銅鑼, yang berarti gong, namun karena homofon tersebut, Doraemon menyukai dorayaki.

Hubungan

Nobita Nobi

Doraemon Nobita.jpg
Kamu lambat, benci belajar, pemalu, malas, ceroboh, buruk dalam olahraga, pelupa, tidak bisa diandalkan, dan pengecut.
— Doraemon menggambarkan Nobita

Mereka bisa disebut teman terbaik ​​sepanjang masa. Mereka berdua memiliki ikatan yang kuat dan tidak akan pernah meninggalkan sisi satu sama lain. Seperti yang terlihat dalam banyak episode, Nobita dan Doraemon tidak dapat hidup berpisah satu sama lain dan selalu berada di sisi satu sama lain, pada saat bahaya, saat bahagia, atau saat sedih. Walaupun mereka sering berkelahi karena berbagai hal, pada akhirnya mereka akan berbaikan. Doraemon akan melakukan apapun untuk menyelamatkan Nobita pada saat Nobita terancam bahaya.

"Karena ini, aku tahu bahwa Nobita tidak suka belajar, lemah, dan ceroboh tetapi Nobita adalah orang yang baik"
~ Doraemon ke Nobita

Dalam satu episode, Doraemon menyuruh Nobita pulang dan bel tidak mungkin ditemukan dalam gelap dan Nobita meminta maaf. Ketika Nobita memakai sepatunya, dia menemukan lonceng Doraemon di salah satu sepatunya dan mereka berdua tertawa. Doraemon berterima kasih pada Nobita dan mengatakan bahwa dia akan mengingatnya selamanya. Doraemon mengatakan bahwa dia menyadari bahwa meskipun Nobita tidak suka belajar, lemah, dan ceroboh tetapi dia adalah orang yang baik. Ini membuat Nobita tersenyum dan keduanya pulang. Nobita tidak ingat peristiwa itu sampai nanti di film. (Museum Alat-alat Canggih Nobita).

Menurut album Doraemon di masa depan, jika Doraemon tidak ikut campur dalam masa depan Nobita, ia akan menikahi Jaiko (saudara perempuan Gian, meskipun ia pendiam), tidak pernah menemukan pekerjaan yang baik, memulai bisnisnya sendiri, dan akhirnya bangkrut. Namun, Doraemon berhasil dalam misinya untuk mencegah semua ini terjadi, seperti yang terlihat dalam beberapa episode dan film Stand by Me Doraemon di mana mereka melakukan perjalanan ke masa depan. Nobita akhirnya menikah dengan Shizuka dan memiliki anak bernama Nobisuke.

Shizuka Minamoto

Dia sangat manis.
— Kesan pertama Doraemon tentang Shizuka

Shizuka dan Doraemon adalah teman baik. Shizuka sering mengundangnya ke rumahnya untuk mencicipi makanannya, yang biasanya disukai Doraemon dan Nobita. Ditunjukkan dalam beberapa episode dan film bahwa Doraemon peduli pada Shizuka dan selalu memastikan dia keluar dari bahaya.

Suneo Honekawa

Doraemon dan Suneo adalah teman baik. Dia juga peduli padanya seperti yang dia lakukan untuk Shizuka, Nobita, dan Gian dan mencoba untuk menjaga mereka dari bahaya. Doraemon adalah salah satu dari sedikit yang tidak terganggu dengan kebanggaan Suneo tetapi malah mengeluarkan alat yang lebih keren untuk menunjukkannya kepada Suneo. Namun, kadang-kadang, Suneo akan menemukan cara untuk menjengkelkan Doraemon, seperti mengubah foto dirinya agar terlihat seperti rakun/musang yang benar-benar membuatnya menjadi merah karena marah, atau ketika Suneo bermimpi tentang Doraemon menjadi robot tidak berharga yang ia temukan dari tempat sampah dan kemudian diperbaiki untuk bertindak seperti teman. Suneo dulu iri pada Nobita karena ia memiliki robot robot yang keren tetapi sekarang ditunjukkan bahwa ia cukup senang dengan pertemanannya sendiri dengan Doraemon, dan tidak iri pada Nobita lagi.

Takeshi Gouda

Doraemon juga berteman baik dengan Gian. Dia membantunya dalam banyak episode dan juga merasa kasihan padanya pada beberapa kesempatan. Gian mungkin tampak seperti pengganggu, tetapi dia selalu berusaha membalas budi kepada Doraemon dengan membantunya melakukan sesuatu. Gian juga pernah menipu Doraemon, tetapi dia selalu berusaha membalas budi kepada Doraemon dengan membantunya melakukan sesuatu. Gian juga pernah menipu Doraemon, tetapi dia jarang melakukan hal seperti itu. Doraemon juga takut kalau Gian mengundangnya untuk menghadiri konsernya.

Noramyako

Dia adalah pacar Doraemon di abad ke-22, tetapi dia putus dengannya ketika dia kehilangan telinganya. Dia berwarna merah muda dan jauh lebih tipis dari Doraemon dan juga sangat cepat dan juga memiliki ekor panjang yang besar. Matanya juga sangat besar.

Mii Chan

Doraemon memiliki teman kucing bernama Mii Chan.

Trivia

Bagian kosong.png Bagian ini masih kosong
Silakan mengedit bagian ini untuk menambahkan bagian yang masih kosong.
Advertisement