Doraemon Wiki
Advertisement
ChinaFlag

Bendera Tiongkok

Doraemon di Tiongkok mengacu pada adaptasi Tiongkok (atau Uyghur di Tiongkok barat) dari seri Doraemon di Tiongkok (daratan, Hong Kong dan Taiwan).

Di dalam Tiongkok[]

RobotCatFirstChineseLogo

Versi paling awal dari logo Doraemon di Cina daratan.

Pada akhir 1980-an, ada juga manga Doraemon tanpa izin di Tiongkok. Terjemahan awal juga didasarkan pada "小叮噹" (Tinkle Bell, atau Ding Dong) dan "機器貓".

RobotCatSecondChineseLogo

Logo "Robot Kucing" yang hanya digunakan di China pada tahun 1990-an.

Pada 1990-an, People's Fine Arts Publishing House (Tionghoa: 人民美术出版社 Rénmín měishù chūbǎn shè) telah memperoleh lisensi resmi dari Shogagukan untuk menerbitkan manga Doraemon di daratan Tiongkok. Saat ini hak seluruh 45 volume, Cerita Panjang Doraemon dan volume PLUS adalah milik Jilin Fine Arts Publishing House (dan juga, Jilin juga telah memperoleh hak resmi majalah CoroCoro di daratan Cina).

Dua penerbit lainnya di China daratan yang telah memperoleh hak badan hukum buku Doraemon adalah 21st Century Publishing House (termasuk karya berwarna, edisi peringatan lengkap film berwarna dan beberapa buku film terlampir, dll.) Dan Rumah Penerbitan Changchun.

Hong Kong[]

DingDangCantoneseMangaLogo

Logo awal 1990-an untuk serial manga di Hong Kong.

Faktanya, Hong Kong adalah negara Asia pertama yang memulai debut Doraemon di luar Jepang, dan juga negara Tiongkok pertama yang menerima waralaba tersebut.

Manga[]

Pada 1990-an, manga dilisensikan dan diterbitkan di Hong Kong oleh Culturecom (文化傳信) dan CitiComics.

Anime[]

TVB Jade menayangkan anime 1979 dari tahun 1982 dalam sulih suara Kanton. Salah satu pengisi suara terkenal adalah almarhum Lam Pou-chuen, yang terkenal karena meminjamkan suaranya untuk peran Doraemon selama lebih dari tiga puluh tahun. Menyusul kematiannya pada 2015, ia digantikan oleh Wong Yan Yu, yang pernah mengisi suara karakter minor di anime 2005.

Pada tahun 2005, serial anime dipindahkan sebagai program terpisah. Saat ini mengudara pada pukul 17:20 dan 17:50 setiap hari Senin.

Nama serial anime awalnya pertama kali digunakan sebagai "叮噹" (Ding Dang atau Ding Dong), tetapi sejak 30 Juni 1999 diubah menjadi "哆啦A夢" untuk menghormati keinginan Fujiko.

Selama Olimpiade Tokyo 2021, TVB Jade mengungkapkan bahwa mereka menghentikan penayangan sebagian besar program untuk menyiarkan langsung Olimpiade sementara selama dua minggu (23 Juli hingga 8 Agustus), termasuk program animasi, dan "Doraemon" adalah salah satu program itu.[1]

Films[]

Pangkat bahasa Kanton dari Doraemon: Nobita's Dinosaur dirilis pada tahun 1982 di Hong Kong dan Singapura dengan nama 八宝叮当.

Taiwan[]

Manga[]

Pada tahun 1976, 3 tahun setelah publikasi di Hong Kong, publikasi manga yang tidak berlisensi diterbitkan di Taiwan dan dikenal sebagai 小叮噹. Seri manga akhirnya dilisensikan dan diterbitkan pada tahun 1993.

Anime[]

CTSLogoTaiwan

CTS mulai menayangkan anime 1979 sejak 1998, dan tetap ditayangkan pada slot waktu yang sama dalam sulih suara Mandarin sejak saat itu. Episode baru anime 2005 biasanya ditayangkan pada periode tertentu dalam setahun; dengan encore dari anime 1979 yang ditampilkan di periode lain. Itu juga ditayangkan di Singapura setiap Minggu pagi dalam satu episode.

Pangkat bahasa Cina Taiwan biasanya sangat mirip dengan versi Jepang, mencapai episode 489 (7 Juli 2017) dari serial anime 2005 pada 22 September 2020.

CTS juga mengudara dengan pemotongan karena kendala waktu.

Kontroversi[]

Insiden narkoba Doraemon di Taiwan[]

Pada 2013, seorang pria Hong Kong mendesain ulang Ekstasi menjadi kepala Doraemon dan mencoba menjualnya ke Taiwan. Ketika polisi menangkapnya, mereka berkata: "你實在很可惡,哆啦A夢是所有小朋友的偶像,你為了賺錢破壞哆啦A夢的形象,哆啦A夢只會鼓勵大雄讀書,不會教人吸毒!" (Betapa keji kamu memfitnah Doraemon, idola semua anak, hanya demi keuntungan! Doraemon hanya mendorong Nobita untuk belajar, dan tidak akan mendorong orang untuk menggunakan narkoba!) [2]

Sensor di Tiongkok[]

Trivia[]

  • Pada awal Mei 2021, seorang guru Tiongkok menghabiskan lebih dari 6000 yuan untuk mengirim setiap 86 siswa di sekolah Yunnan dengan boneka Doraemon, berharap Doraemon akan membantu meredakan kekhawatiran ujian siswa, percaya bahwa Doraemon akan mengabulkan setiap keinginannya. [3]

References[]

Advertisement