FANDOM

Mesin Waktu
タイムマシン Taimu Mashin

Mesin Waktu 535

Taimu Mashin manga

Pemilik: Doraemon, Dorami, Patroli Waktu
Pengguna: Doraemon, Nobita Nobi, Shizuka Minamoto, Takeshi Gouda, Suneo Honekawa, Dorami, Sewashi Nobi, Patroli Waktu, dan karakter lainnya yang menggunakan Mesin Waktu.
Tipe: Mesin
Penampilan awal

Mesin Waktu adalah sarana utama perjalanan waktu dalam seri Doraemon. Dengan menggunakannya, seseorang dapat melakukan perjalanan melalui ruang dan waktu, biasanya dengan bepergian di dalam Lorong Waktu.

Mesin Waktu Doraemon

Mesin Waktu

Mesin Waktu Doraemon.

Mesin Waktu Doraemon adalah mesin waktu yang paling umum dilihat dalam seri. Ini terdiri dari kerangka mesin yang hampir berbentuk persegi, dengan berbagai peralatan yang terpasang di atasnya, seperti kontrol, petir, dll. Menurut sumber resmi, mesin ini bertenaga magnetis.

Doraemon memutuskan untuk menempatkan portal mesin waktunya di laci meja Nobita, yang merupakan tempat di mana Doraemon diperkenalkan dalam seri.

Dalam beberapa cerita fitur panjang, mesin memiliki kemampuan berbicara, membantu pengguna untuk mengkonfirmasi tujuan.

Untuk menyesuaikan dengan asal-usul Doraemon, mesin waktunya adalah model yang umum, dan sering rentan terhadap kerusakan atau kecelakaan, yang menyebabkan gangguan signifikan pada petualangan karakter utama. Dalam Doraemon dan Doraemon Spesial, teman-teman Doraemon juga menggunakan versi ini.

Di anime 1973, mesin waktu Doraemon memiliki dua kursi seperti interior mobil dan dua tuas. mesinnya sepenuhnya ungu. Petir di mesin tersebut tidak ada.

Mesin waktu Dorami

Dorami Mesin Waktu

Mesin Waktu Dorami.

Berbeda dengan mesin kakaknya, Mesin Waktu Dorami adalah model yang canggih dan mewah, dihargai sekitar 10 kali dari mesin waktu Doraemon. Mesin Waktunya berbentuk tulip oranye (kadang-kadang merah) dengan dasar seperti daun yang berfungsi sebagai panel surya.

Kecepatan Mesin Waktu Dorami dua kali lipat dari Doraemon, dan juga menampilkan lebih banyak keamanan. Mesin waktu Dorami lebih menonjol dalam cerita fitur panjang.

Portal Mesin Waktu Dorami ada di cermin kamarnya.

Mesin Waktu lainnya

Ada juga jenis mesin waktu lainnya dalam seri ini. Mesin Waktu yang paling menonjol digunakan oleh Patroli Waktu, sehingga sebanding dengan mobil polisi di dunia nyata. Ada juga Mesin Waktu yang digunakan oleh tukang pos untuk pengiriman.

Terjadi masalah

  • Sering kali dalam film, Mesin Waktu digunakan oleh antagonis untuk tujuan yang salah.
  • Mesin Waktu kadang-kadang perlu diperbaiki.
  • Ketika badai waktu terjadi, Mesin Waktu bisa bergeser dan masuk ke waktu yang salah.

Penampilan

Mesin Waktu telah muncul di berbagai bab manga dan episode anime.

Trivia